Pusat Penelitian Biomaterial LIPI melalui kelompok penelitian Pengendalian Serangga Hama dan Biodegradasi (PSHB) memfokuskan kegiatan penelitiannya sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) Lignoselulosa akan menyelenggarakan seminar tentang Pengendaliah Hama Terpadu perkotaan sebagai wadah tatap muka dan tukar informasi penelitian di bidang ekologi dan pengendalian serangga hama perkotaan (rayap, kecoa, nyamuk, semut dan kutu busuk). Seminar ini merupakan seminar sehari yang diselenggarakan sebagai upaya untuk mengakselerasi peran dan sinergi para peneliti dari lembaga penelitian, akademisi dari perguruan tinggi serta pihak industri pengendalian serangga hama (Pest Control Operator PCO). Seminar ini akan dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2019 di Auditorium Pusat Penelitian Biomaterial LIPI, cibinong dengan judul “Sustainable Development of Urban Integrated Pest Management” dengan menfokuskan pada serangga hama rayap, kecoa, nyamuk, semut dan kutu busuk (bed bugs).

Tujuan

Membahas perkembangan terkini terkait pengendalian serangga hama pemukiman (rayap, nyamuk, kecoa, semut, dan kutu busuk), serta perkembangan terkini penelitian dibidang urban pest management

Kegiatan

Kegiatan seminar ini ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada Pest Control Operator (PCO), peneliti dan mahasiswa untuk mendapatkan dan bertukar informasi dan pengalaman melalui presentasi dan diskusi formal maupun informal mengenai perkembangan terkini mengenai pengendalian serangga hama pemikiman serta managemen pengendaliannya.

Tema Keynote

  1. Permasalahan serangga hama pemukiman di Indonesia (Boyke Arif Pahlevi – Asosiasi Perusahaan Pengendalian Hama Indonesia (ASPPHAMI))
  2. Penelitian dan pengendalian serangan Rayap (Prof. Dr. Sulaeman Yusuf, M.Agr. – Puslit Biomaterial, LIPI)
  3. Tren pengendalian kecoa di Indonesia (Prof. drh. Upik Kesumawati H., MS., Ph.D. – Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor (IPB))
  4. Penelitian terkini tentang kutu busuk (Dr. Veera Singham – Center for Chemical Biology, Universiti Sains Malaysia (USM), Malaysia)
  5. Bio-ekologi dan pengendalian nyamuk (Dr. Wan Fatma – School of Biological Sciences, Universiti Sains Malaysia (USM), Malaysia)
  6. Perilaku dan manajemen pengendalian semut (Dr. Ikhsan Guswenrivo – Puslit Biomaterial, LIPI)

Pelaksanaan Seminar

Tempat acara

Seminar akan diselenggarakan di Auditorium Pusat Penelitian Biomaterial – LIPI, Cibinong – Bogor.

Waktu penyelenggaraan

Seminar akan diselenggarakan pada:

Hari               : Kamis

Tanggal        : 21 Februari 2019

Jam              : 08.00 – selesai

Agenda Acara

Formulir Pendaftaran

Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengisi formulir ini

Poster dapat di-download pada link ini