Tahun 2017 Pusat Penelitian Biomaterial Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melaksanakan Rapat Kerja (Raker) pada tanggal 12-13 April 2017 di Jambuluwuk Resort Ciawi, Bogor. Tema Raker adalah Re-Design Program dan Kegiatan dalam Upaya Peningkatan Kinerja di Pusat Penelitian Biomaterial-LIPI.  Raker tahun ini menitikberatkan pada tiga hal yaitu penataan sistem manajemen sumber daya manusia, evaluasi program kegiatan dan peningkatan branding Pusat Penelitian Biomaterial LIPI.

Raker dihadiri oleh 83 orang yang terdiri atas Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati (IPH) LIPI Prof. Enny Sudarmonowati, Kepala Pusat Peneltian Biomaterial LIPI Prof. Sulaeman Yusuf, pejabat struktural dan pegawai di lingkungan Pusat Penelitian Biomaterial LIPI.

Sesuai agenda yang sudah dibuat dalam surat undangan, raker diawali dengan registrasi peserta kemudian sambutan dan laporan dari ketua pelaksanaan raker Dr. Riksfardini A. Ermawar. Dalam sambutannya disampaikan bahwa raker 2017 telah diawali dengan kegiatan pra-raker yang diselenggarakan di kantor Pusat Penelitian Biomaterial, Cibinong pada tanggal  4-10 April 2017. Kegiatan pra-raker dilakukan dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) yang terdiri dari tiga komisi.  Topik pra-raker antara lain pengembangan sumber daya manusia, program penelitian dan pengembangan sarana penelitian, branding, pengembangan jaringan dan pelayanan publik.  Kegiatan pra-raker menghasilkan rumusan yang akan disampaikan pada rapat pleno raker tanggal 13 April 2017.

Acara selanjutnya adalah sambutan dari Kepala Pusat Penelitian Biomaterial LIPI,  Prof. Dr. Sulaeman Yusuf, M.Agr. yang sekaligus membuka raker tahun 2017 ini. Agenda berikutnya adalah kegiatan team building melalui outbond dengan permainan yang menantang dan penuh makna.  Outbond yang dipandu oleh pihak event organizer dari resort dilakukan sebagai sarana refreshing serta untuk memperkuat hubungan dan komunikasi di antara pegawai sebagai rekan kerja dan keluarga besar Pusat Penelitian Biomaterial LIPI.

Hari kedua raker tanggal 13 April 2017,  dimulai dengan sambutan Deputi Bidang IPH LIPI, Prof. Dr. Enny Sudarmonowati. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan rumusan raker oleh Dr. Maya Ismayati.  Setelah itu diskusi hasil rumusan raker yang dipandu oleh Dr. Riksfardini A. Ermawar. Berdasarkan hasil rumusan raker diharapkan pada tahun 2017 ini akan terwujud adanya dokumen rencana pengembangan dan kinerja SDM sesuai dengan kebutuhan organisasi, terlaksananya program kegiatan yang sesuai dengan perencanaan dan didukung dengan alokasi anggaran yang ideal, serta adanya rumusan terkait branding Pusat Penelitian Biomaterial  LIPI.

Raker kemudian diakhiri dengan doa dan foto bersama dengan seluruh pegawai Pusat Peneltian Biomaterial.