BIOMATTEX, Perekat Berbasis Lateks Karet Alam

biomattex

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Biomattex adalah hasil pengembangan perekat kayu berbasis LKA yang  sejalan dengan tuntutan pasar dalam pembatasan emisi bahan beracun dari produk akhir (seperti emisi formaldehida).

Biomattex merupakan inovasi sederhana, mudah diaplikasikan pada produk laminasi dan kayu lapis namun mempunyai dampak terhadap penggunaan perekat dalam industri kayu. Perekat ini dapat dibuat dengan mudah dan sederhana namun mempunyai batasan emisi yang rendah dan sehingga aman dalam pembuatan atau pemrosesan panel kayu. Selain ramah lingkungan, perekat berbahan dasar LKA ini mempunyai sifat daya rekat yang baik pada suhu kamar dan mempunyai daya tahan yang baik terhadap air hangat atau mendidih.

 

Blok Rem Komposit

blok-rem-komposit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Merupakan pengembangan blok rem kereta yang berbahan logam.
Keunggulan yang dimiliki adalah berat blok rem komposit lebih ringan, masa pakai yang setara keawetannya dan kandungan material hayati yang lebih tinggi. Material hayati yang digunakan diantaranya serat alam (hingga 2% berat) dan arang grafit dari tempurung kelapa/kelapa sawit (hingga 30% berat).

Bilah Turbin

bilah-turbin

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bilah turbin merupakan domestifikasi dari produk sejenis yang berasal dari jepang. Di Puslit Biomaterial, bilah turbin dibuat dari bahan kayu lokal seperti sengon, jabon, dan pinus. Dengan bahan kayu lokal, biaya produksi dapat ditekan hingga sepersepuluhnya.

 

Kayu Lengkung
kayu-dan-veneer-lengkung

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Merupakan pengembangan teknologi pelengkungan kayu guna mengefisienkan bahan baku kayu. Dengan teknologi ini penggunaan kayu dapat dioptimalkan hingga 60-80%. Jenis kayu yang sudah berhasil dilengkungkan yaitu jati, mahoni, sengon, dan beberapa jenis kayu medium lainnya.

Ketebalan kayu solid yang dapat dilengkungkan hingga 3cm, sementara diameter lengkung mulai dari 30cm hingga 80cm. Teknologi kayu lengkung dapat digunakan dalam bidang furniture, konstruksi, kusen pintu dan jendela, serta alat transportasi (sepeda, perahu, dll).

Veneer Lengkung

veneer-lengkung

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Teknologi veneer lengkung merupakan pengembangan dari teknologi kayu lengkung. Selain bentuk standar (laminated veneer lumber) berupa balok-balok veneer, dapat juga dibuat bentuk lengkung. Dengan bahan veneer dan teknologi pelengkungan kayu yang dikuasai, bentuk-bentuk geometri lengkung yang rumit dapat dibuat. Ketebalan veneer berkisar 3-6mm sementara ketebalan kombinasi veneer (LVL) hingga 5cm.

 

Papan Komposit

kayu-komposit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Papan komposit adalah produk yang berasal dari bahan hayati, mulai dari serat lama (ijuk, serat kelapa, tandan kosong kepa sawit, sisal, knaf, rami, serat bambu), chip kayu, batang sorgum, bagas, dll.

 

Papan Media Tanam untuk Kebun Vertikal

media-tanam-vertikalPicture9

 

  • Kegunaan: Sebagai komposit untuk media tanam vertikal
  • Keunggulan: Memenuhi kebutuhan pasar dalam hal karakteristik kekuatan, ketahanan terhadap kondisi lingkungan, estetika, serta kelayakan ekonomis

 

Nutrisi ‘Biomat’

poster_biomat StarTmik

  • Kegunaan: Merupakan suplemen bagi tanaman untuk tumbuh, berkembang, dan bereproduksi, melalui formula dengan kombinasi mikrobia penghasil multi-biokatalis
  • Keunggulan: Cocok untuk sayuran, palawija, tanaman hias, maupun padi; dapat menekan pathogen penyebab penyakit tanaman; aman bagi manusia, ramah lingkungan; menghasilkan bahan pangan sehat, berkualitas, alami (pertanian organic); mudah digunakan

 

Pupuk Organik Cair ‘Biomat’

pupuk 2

  • Kegunaan: Merupakan pupuk cair multiguna yang dapat digunakan untuk berbagai jenis tanaman
  • Keunggulan: Mengandung unsur hara mikro dan makro, serta zat perangsang tumbuh (ZPT) tanaman

 

Kompos Hayati ‘Biomat’

pupuk 1

  • Kegunaan: Merupakan pupuk padat hayati yang mengandung mikroba efektif multiguna untuk meningkatkan ketersediaan N, P, dan K dalam tanah untuk tanaman pertanian
  • Keunggulan: Mikroba yang digunakan berasal dari hasil seleksi yang intensif

 

Bio-pellet

  • Kegunaan: Bahan bakar padat
  • Keunggulan: Bahan bakar berbasis biomassa Nilai kalor tinggi sebagai pengganti briket batu bara kualitas sedang untuk rumah tangga, industri, dan kelistrikan. Dapat diperbarui dan keberlanjutan. Ramah lingkungan.
  • Mitra: Pengurangan emisi di Indonesia sampai 26% pada tahun 2020 Sebagai bahan bakar industri yang ramah lingkungan pengganti batu bara Potensi ekspor ke Korea, Jepang dan negara negara Eropa

Lipicide

lipicide

  • Kegunaan: Biopestisida untuk pengendalian hama gudang
  • Keunggulan: Lebih ramah lingkungan
  • Mitra: Industri pertanian dan pasca panen

 

Envigard

2

  • Kegunaan: Biopestisida untuk pengendalian hama rumah tangga
  • Keunggulan: Lebih ramah lingkungan
  • Mitra: Masyarakat, Industri pestisida dan pest control operation