Pengembangan Self Healing Concrete

Beton (concrete) merupakan salah satu komposit yang terdiri dari agregat dan pengikat yang umumnya merupakan bagian dari struktur utama bangunan. Beton dituntut memiliki sifat yang kuat, namun keretakan pada material tersebut sangat sulit dihindari dan merupakan fenomena yang umum terjadi. Retak tersebut terjadi seiring bertambahnya umur dan kerja beton karena terus-menerus menahan beban dan selanjutnya retak cenderung meluas sehingga membutuhkan perawatan yang mahal untuk memperbaikinya. Keretakan juga akan membuat cairan dan gas dari luar masuk ke dalam beton sehingga berpotensi merusak struktur beton.

pengambilan-sampel

Risiko keretakan pada beton tersebut sebenarnya dapat dicegah sejak dini dengan beberapa cara, diantaranya dengan menggunakan bakteri tanah untuk mengendapkan CaCO3 atau kalsium karbonat sehingga dapat menutup keretakan dalam beton. Namun terdapat satu masalah, yaitu bagaimana mempertahankan supaya bakteri tetap dapat hidup dalam beton yang bersifat basa. Oleh karena itu, Kelompok Penelitian (Keltian) Rekayasa Biokomposit dan Ekostruktur (RBE) – Pusat Penelitian Biomaterial LIPI melakukan penelitian untuk mengidentifikasi bakteri yang dapat digunakan sebagai media penyembuh retak pada beton. Kegiatan ini dimulai sejak tahun 2015 dan masih berlangsung hingga sekarang (2016).

struktur-beton

Bakteri penyembuh retak beton tersebut banyak ditemukan di ekosistem karst. Keltian RBE memulai penelitiannya dengan mengambil contoh di Goa Jomblang, Gunung Kidul, Yogyakarta. Kemudian contoh tersebut dimurnikan, discreening dan diidentifikasi untuk mendapatkan bakteri yang dapat digunakan sebagai media penyembuh retak pada beton. Bakteri yang telah dipilih kemudian dimasukkan dalam beton. Hasil uji menunjukkan bahwa beton yang telah dimasuki bakteri memiliki sifat penyembuhan diri terhadap retak dalam ukuran mikro. Hasil ini memberi harapan bahwa self healing concrete atau beton yang dapat menyembuhkan diri mampu diterapkan dan diproduksi massal dalam beberapa tahun mendatang.