BIOPELET, Produk Unggulan Puslit Biomaterial

IMG_6890

Usaha kecil dan menengah(UKM) masih banyak yang  menggunakan bahan bakar kayu sebagai bahan bakar produksinya,salah satu diantaranya industri pembuatan tahu dan gorengan /camilan. Dengan semakin langkanya bahan bakar kayu maka diperlukan bahan bakar alternatif untuk menggantikannya.

Untuk mencari solusinya,maka Pusat Penelitian Biomaterial – LIPI melakukan penelitian terhadap bahan bakar alternatif selain bahan bakar kayu. Lisman Suryanegara peneliti madya di Puslit Biomaterial – LIPI memberikan solusi alternatif dengan produk biopelet. Menurut Lisman biopelet ini merupakan pengembangan dari woodpelet yang sudah ada di pasaran.Biopelet produksi Puslit Biomaterial – LIPI mempunyai keunggulan antara lain; mempunyai kalori yang lebih tinggi (5200 kalori) dibanding woodpelet (4500 kalori) sehingga proses pemasakan relatif lebih cepat, lebih cepat terbakar dan relatif lebih lama nyalanya apinya.

Dengan adanya biopelet ini diharapkan menjadi salah satu solusi alternatif untuk menggantikan bahan bakar kayu yang semakin langka, untuk proses produksi industri UKM yang masih menggunakan bahan kayu bakar, lanjut Lisman.  (Cibinong CSC-BG LIPI 13 Januari 2017)

IMG_6884

Uji coba dengan kompor khusus biopelet

IMG_6891

Woodpelet warna putih dan biopelet warna hitam